Cikal bakal Penerbit Salemba diawali oleh idealisme dari 4 (empat) orang alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang saat itu terletak di Jl. Salemba 4, Jakarta Pusat. Keempat orang tersebut, Sofyan Ashori, Abdul Muthalib, Hotbonar Sinaga, Amir Abadi Jusuf mendirikan Pustaka Salemba pada tahun 1979.

Tahun 1983, Sofyan Ashori dan Abdul Muthalib memisahkan diri dan membentuk Penerbit Bina Pustaka. Sementara Hotbonar Sinaga dan Amir Abadi Jusuf sepakat membentuk Firma Salemba.

Dari Firma Salemba, Perusahaan berganti nama lagi menjadi Penerbit Salemba Empat dan akhirnya menjadi PT Salemba Emban Patria. PT Salemba Emban Patria (Penerbit Salemba) didirikan berdasarkan Akta Notaris Mohammad Said Tadjoedin Nomor: 216 tanggal 22 Februari 1989 di Jakarta, yang telah disetujui oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: C2-15.407.HT.01.01.TH’94 tanggal 13 Oktober 1994, dengan SIUP Nomor: 01822/1.824.51.

Penerbit Salemba pertama kali menerbitkan buku-buku akuntansi bagi pelajar setingkat SMU, lalu bergerak ke arah buku-buku perguruan tinggi, terutama bagi mahasiswa fakultas ekonomi. Sejalan dengan berkembangnya perusahaan, Penerbit Salemba Empat melebarkan jangkauannya dengan mendirikan divisi-divisi penerbitan baru selain buku ekonomi.

Saat ini, Penerbit Salemba terdiri dari lima divisi penerbitan:

Salemba Empat : Buku akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, ilmu ekonomi dan studi pembangunan, serta profesional dan umum
Salemba Teknika : Buku teknik
Salemba Infotek : Buku komputer dan teknologi informasi baik aplikasi maupun pemrograman
Salemba Medika : Buku kedokteran dan keperawatan
Salemba Diniyah : Buku agama
Salemba Humanika : Buku Komunikasi dan Psikologi

Penerbit of :
More from Penerbit Salemba